Skip to main content
inilah akibat malas olahraga

Inilah 5 penyakit yang siap menghampirimu karena malas berolahraga !

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh. Gerakan yang kamu lakukan saat berolahraga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah, mengencangkan otot, dan membuatmu lebih bersemangat. Sekarang ini, banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan mulai dari yang serderhana hingga yang sulit dilakukan. Kamu juga dapat berolahraga sendirian atau mengikuti komunitas olahraga.

 

Namun, tidak dapat dipungkiri padatnya jadwal kegiatan plus cuaca yang tidak menentu membuatmu malas melakukan aktivitas gerak badan ini. Kamu yang malamnya harus rela begadang untuk menyelesaikan tugas tentu lebih ingin bertemu kasur di pagi hari dibandingkan jogging keliling kompleks.

 

“ Gue udah capek kerja. Kalau weekend gini maunya di kasur aja. Hehehe”

“Mending tidur deh. Cuacanya bikin ngantuk terus akhir-akhir ini”

 

Kamu pun pada akhirnya terjebak dengan rasa malas setelah lelah beraktivitas. Kamu merasa bahwa kondisi tubuh kamu saat ini sehat-sehat saja. Apalagi kamu merasa tidak memiliki riwayat keturunan penyakit yang serius dari keluargamu. Kamu akhirnya mengabaikan aktivitas olahraga dan lebih memilih aktivitas lain seperti tidur atau pergi hang out dengan teman-temanmu.

 

Sekilas memang olahraga merupakan kegiatan yang merepotkan untuk kamu yang memiliki aktivitas yang padat. Bahkan untuk kamu yang sering dihinggapi rasa malas, olahraga bisa saja jadi kegiatan yang sebisa mungkin kamu hindari. Namun, meninggalkan olahraga berarti kamu harus bersiap dengan berbagai penyakit yang akan menghampirimu. Inilah 5 penyakit yang siap menghampirimu jika kamu malas berolahraga

1. Kamu akan merasa lebih mudah terkena flu karena kekebalan tubuhmu yang mudah menurun. 

Ayo, coba kamu hitung, sudah berapa kali kamu terkena flu akhir-akhir ini ? Flu yang kamu derita merupakan efek dari penurunan kekebalan tubuhmu sehingga virus dapat mudah menyerang dan membuatmu sakit. Kamu sering terkena flu terutama di saat cuaca yang mudah berubah.  Kurangnya olahraga membuat aliran darah ditubuhmu tidak lancar dan menurunkan kekebalan tubuhmu secara tidak langsung. Kamu akan merasa mudah lelah dan tidak enak badan. Apalagi jika di sekitarmu ada yang terserang flu, maka kemungkinan besar esok harinya kamu juga terkena flu.

Baca juga  Inilah 5 Gejala Kanker Getah Bening yang Harus Kamu Ketahui

 

“ Flu gue nggak selesai-selesai ini. Baru sembuh. Eh, ketularan lagi”

“Iya nih, gue juga mudah banget kena flu. Badan juga gampang capek ya”

 

2. Berangan-angan memiliki jantung yang sehat, kamu malah membuat jantungmu semakin lemah

Salah satu manfaat berolahraga adalah melatih jantungmu untuk memompa darah sehingga aliran darah lebih lancar di seluruh tubuh. Jantungmu akan berdetak lebih cepat ketika kamu sedang melakukan gerakan-gerakan olahraga. Jantung yang berdetak lebih cepat akan merangsang pertukaran oksigen yang lebih cepat sehingga tubuhmu akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Olahraga yang teratur juga meminimalkan risiko terkena serangan jantung di usia dini. Dilansir dari Kompas (17/04)  sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2004 kepada 15.83 pria berusia 30-59 tahun menemuka bahwa mereka yang aktif secara fisik  lebih sedikit yang terkena penyakit jantung  dan meninggal dunia. Penelitian ini dilakukan selama 20 tahun dan dipantau secara berkesinambungan.

 

Nah, beda ceritanya jika kamu malas berolahraga. Jantung kamu akan tidak kuat untuk melakukan aktivitas berat karena kamu tidak melatihnya. Kamu akan merasa lelah sekali saat melakukan aktivitas yang berat. Ditambah lagi, asupan oksigen yang harusnya mampu kamu berikan secara maksimal ketika berolahraga namun tidak dapat dilakukan karena kamu malas berolahraga.

 3. Jika kamu menginginkan berat badan ideal, meninggalkan olahraga malah akan membuat berat badanmu berlebih

Makanan yang kamu konsumsi setiap hari biasanya cukup mengandung minyak dan lemak. Kelebihan lemak ini kemudian ditimbun di area tertentu dalam tubuh untuk kemudian menjadi cadangan energi. Efek samping dari proses itu adalah tubuhmu akan terlihat lebih besar terutama di sekitar paha, lengan, dan perut. Cadangan lemak ini dapat kamu hilangkan perlahan dengan olahraga. Selain membakar kalori, olahraga juga dapat mengencangkan otot tubuh kamu sehingga bentuk tubuhmu tidak bergelambir. Namun, jika kamu malas berolahraga. Kamu harus siap dengan lemak yang akan terus ditimbun di dalam tubuhmu. Bentuk tubuhmu juga akan perlahan berubah berubah menjadi tidak proporsional. Lemak yang banyak tertimbun juga dapat memicumu terkena obesitas atau bahkan penyakit jantung.

Baca juga  6 Tips Ini Akan Membuat Suasana Aktivitas Olahragamu Lebih Menyenangkan !

4. Bahaya osteoporosis siap mengintaimu kapan saja, bukan hanya di usia tua.

Osteoporosis merupakan kondisi dimana tulang memiliki kepadatan yang rendah dan kemunduran struktur tulang sehingga tulang rentan untuk patah dan hancur.  Menurut penelitian, aktivitas fisik  sangat mempengaruhi masa tulang. Olahraga seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda pada dasarnya dapat memberikan manfaat seperti melindungi tulang dan menurunkan kemungkinan proses kehilangan mineral pada tulang karena bertambahnya umur. Namun, karena kamu malas untuk menggerakkan tubuh akhirnya membuat tulang-tulang tubuhmu menjadi rentan rapuh, apalagi jika kamu tidak mengkonsumsi asupan kalsium yang cukup. Kondisi ini mungkin tidak akan kamu rasakan saat ini, namun jika kamu mengabaikannya, bisa saja kamu terkena di saat tidak terduga.

 5. Ucapkan selamat datang pada depresi

Kelelahan dan padatnya aktivitas yang kamu lakukan setiap hari membuat kamu cenderung mudah kesal dan marah ketika dihadapkan pada hal yang tidak kamu sukai. Apalagi jika kamu mendapati pekerjaan kamu tidak kunjung selesai atau malah banyak kesalahan yang kamu lakukan. Teman-teman di sekitarmu rasanya ingin kabur saja karena kamu sudah siap meledak dan marah-marah. Kamu akhirnya mengurung diri di kamar karena merasa stres dan lelah.

Hal ini diperparah dengan kebiasaanmu malas berolahraga. Padahal menurut penelitian Sarah J, et al seperti yang dilansir dari NCBI (17/04) menyatakan bahwa kegiatan fisik seperti olahraga dapat menurunkan risiko depresi secara signifikan. Ketika kamu berolahraga, akan ada hormon yang dilepaskan di dalam tubuhnya. Nah, hormon ini dipercaya dapat membuatmu lebih merasa senang dan bahagia. Pelepasan hormon ini akan membuatmu lebih bugar dan menurunkan tingkat stres yang kamu rasakan.

Itulah penyakit yang siap menghampirimu ketika kamu malas berolahraga. Rasa malas yang menghinggapimu akan memberikan kerugian jika tidak dapat kamu lawan sekarang juga. Rutinitas yang berantakan sudah terbayang di depan mata saat kamu harus berdrest karena tubuhmu tidak fit.  Ayo berolahraga !

2 thoughts on “Inilah 5 penyakit yang siap menghampirimu karena malas berolahraga !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.